Minggu, 19 Juni 2011

Pospeda Kota Yogyakarta

Kementerian Agama Kota Yogyakarta melalui  Seksi Pekapontren (Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren) mengadakan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Kota Yogyakarta (POSPEDA) tahun 2010 di Pondok Pesantren Al Islam Yogyakarta Ahad, 7 November 2010.
Menurut Dra. Hj. Khobibah (Kasi Pekapontren Kemenag Kota Yogyakarta), penyelenggaraan Pospeda ini dimaksudkan sebagai ajang pembinaan bagi para santri di pondok pesantren, dan untuk menggali potensi para santri di bidang olahraga dan seni, di samping sebagai “wahana silaturrahmi dan perekat antar santri dan antar pondok pesantren”.
Dalam Pospeda tahun 2010 ini mempertandingkan cabang Olahraga, yaitu: atletik, tenis meja, catur, dan pencak silat. Sementara cabang Seni memperlombakan cabang : kaligrafi (kaligrafi murni, kontemporer, kolase), pidato empat bahasa (Indonesia, Jawa, Inggris, dan Arab), baca puisi, cipta puisi Al Qur’an. Diikuti oleh 195 santri dari 24 Pondok pesantren di Kota Yogyakarta.
Sebagian kegiatan Pospeda di PP. Al-Islam
Sedangkan H. Nurudin, SH, MA (Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta) dalam sambutannya mewakili Walikota Yogyakarta sebelum membuka secara resmi, berharap agar Pospeda Tingkat Kota Yogyakarta ini bisa memberikan banyak manfaat. Antara lain: 1) Sebagai event yang mampu menjalin silaturrahim antar pondok pesantren sebagai alat pemersatu bangsa; 2) sebagai simulasi untuk bersaing secara sehat dan menjadi puncak prestasi para santri; 3) merupakan forum untuk mengembangkan potensi santri di bidang olahraga dan seni; 5) Persiapan ke depan, santri Kota Yogyakarta dapat berprestasi di tingkat Propinsi DIY dan Nasional dalam Pospenas.

Penyelenggaraan Pospeda 2010 dipusatkan di Komplek PP Al-Islam Yogyakarta, Jl. Bantul Km 2, Condronegaran, Gedongkiwo MJ I / 814-890 Yogyakarta sebagai tuan rumah, sedangkan untuk cabang Atletik dilaksanakan di Stadion Mandala Krida Yogyakarta.
Di samping ajang santri dalam pertandingan dan perlombaan olahraga dan seni, menurut Abu Aqdam (Humas PP Al-Islam), juga diadakan “Pesantren Expo” menampilkan pameran dan bazar produk-produk santri PP Al-Islam Yogyakarta. 


0 komentar:

Posting Komentar

"MENGABDI UNTUK BERBAKTI"

___________________________

Powered by: Blogger