Sabtu, 03 Januari 2015

Tepuk Wudhu Ning Mila

Dalam keluarga, orangtua mempunyai peranan penting dalam pendidikan, baik dalam keluarga maupun di lingkungan masyarakat Islam maupun non-Islam. Karena keluarga merupakan tempat pertumbuhan anak yang pertama dan utama di mana anak akan mendapatkan pengaruh dari anggota keluarga. 

Guru besar bukanlah seorang Profesor Doktor, tetapi guru besar adalah Orangtua, apalagi seorang ibu merupakan guru besar yang utama. Pada masa anak-anak, orangtua merupakan "Guru Besar" yang amat penting dan paling kritis dalam pendidikan terhadap anak, yaitu tahun-tahun pertama dalam kehidupanya (usia pra-sekolah). Sebab pada masa tersebut apa yang ditanamkan dalam diri anak akan sangat membekas, sehingga tak mudah hilang atau berubah sudahnya. Maka seorang ayah dan ibu yang baik merupakan sebab utama yang bisa membantu dalam proses mendidik anak karena mereka adalah qudwah (tauladan) bagi anak-anaknya, sementara anak-anak suka meniru ayah dan ibu mereka. Kebiasaan anak laki-laki meniru ayahnya sementara anak perempuan meniru ibunya.

Hal penting adalah mengenalkan dan menumbuhkan rasa cinta kepada Rasulullah Muhammad SAW. serta memberi bekal ilmu adab pada seorang anak, selanjutnya mengajari berenang, memanah, dan menunggang kuda.


Belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu, belajar sesudah dewasa laksana mengukir di atas air. Ali bin Abi Thalib RA. menyatakan, "Didiklah anakmu karena anakmu akan hidup pada zaman yang berbeda dengan zamanmu".


Mila (2 th) sedang belajar urutan berwudhu dengan menyanyikan "Tepuk Wudhu" dan doa sesudah wudhu. Semoga bermanfaat.


Berikut ini urutan melaksanakan wudhu :

Baca Bismillaah lalu niat wudhu,

Kumur-kumur basuh hidung basuh muka,
Tangan sampai ke siku, Kepala dan telinga,
Terakhir cuci kaki lalu doa.


Doa Niat Wudhu dan Doa Setelah Wudhu :





0 komentar:

Posting Komentar

"MENGABDI UNTUK BERBAKTI"

___________________________

Powered by: Blogger