Kamis, 23 Februari 2012

Dzikir Yang Diucapkan Menjelang Tidur

Diriwayatkan dari Abu Sa’id Al Khudri ra. Dari Nabi saw. : “Siapa ketika berkemas di tempat tidurnya membaca : “ASTAGFIRULLAAHAL ‘ADHIIM ALLADZII LAA ILAAHA ILLAA HUWAL HAYYAL QAYYUUMA WA ATUUBU ILAIIH = Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung yang tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup lagi Berdiri sendiri dan aku bertaubat kepadanya” sebanyak tiga kali, maka Allah mengampuni dosanya sekalipun dosanya seperti buih lautan, sekalipun sebanyak daun pohon-pohonan, sekalipun sebanyak bilangan pasir laut, dan sekalipun dosanya sebanyak hari-hari dunia”.

Muhammad bin Sa’id bin Muhammad berkata : Saya mendengar Abu Sahal seorang muadzin negeri Bukhara di masjid Bani Ma’ruf, dia adalah seorang yang shalih berkata : “Saya bermimpi melihat Nabi saw. Dan saya melihat para manusia mengatakan : “Orang yang berada di sebelah kanan nabi ini adalah Abu Bakar dan di sebelah kirinya adalah Umar”. Saya lalu datang di hadapan Rasulullah saw. Dan beliau menjabat tanganku, kemudian Abu Bakar dan juga Umar menjabat tanganku. Saya berkata : “Wahai Rasulullah, Abu Mu’awiyah telah menceritakan kepada kami dari Abdullah bin Al Walid dari “Athiyah dari Abu Sa’id Al Khudri ra. Ia berkata : Rasulullah saw. Bersabda : “Siapa ketika berkemas di tempat tidurnya membaca : ASTAGHFIRULLAHAL ‘ADHIIM ALLADZII LAA ILAAHA ILLAA HUWAL HAYYUL QAYYUUMU WA ATUUBU ILAIH sebanyak tiga kali, maka Allah mengampuni dosanya sekalipun dosanya itu sebanyak buih lautan, sekalipun dosanya sebanyak pasir laut, sekalipun dosanya sebanyak daun pohon-pohonan, dan sekalipun dosanya sebanyak hari-hari dunia”. Saya menduga bahwa Abu Sa’id Al Khudri berkata : “Sekalipun dosanya sebanyak tetesan hujan”. Saya lalu bertanya kepada nabi : “Apakah hadits ini dari engkau ya Rasulullah?”. Maka beliau menjawab : “Benar” sambil mengisyaratkan kepalanya.

Sumber : Kitab Al Mawa’idhul Ushfuriyah (Syaikh Muhammad bin Abu Bakar Al ‘Ushfuri)


0 komentar:

Posting Komentar

"MENGABDI UNTUK BERBAKTI"

___________________________

Powered by: Blogger