Senin, 04 Februari 2013

DOA DALAM AL-QUR'AN


Q.S. Nuh (71) : 28

Doa Mohon Ampunan bagi Diri, Orangtua, dan Orang Beriman

Éb>§ öÏÿøî$# Í< £t$Î!ºuqÏ9ur `yJÏ9ur Ÿ@yzyŠ š_ÉLøŠt/ $YZÏB÷sãB tûüÏZÏB÷sßJù=Ï9ur ÏM»oYÏB÷sßJø9$#ur Ÿwur ÏŠÌs? tûüÏHÍ>»©à9$# žwÎ) #I$t7s? ÇËÑÈ  

28. Ya Tuhanku! ampunilah Aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahKu dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan".

Doa yang terdapat dalam ayat ini adalah rangkaian doa terakhir doa-doa dalam Al Qur’an. Doa ini juga merupakan doa terakhir yang dipanjatkan Nabi Nuh As. Setelah melakukan dakwah, mengajak kaumnya untuk beriman kepada Allah Swt. Karena terlalu banyaknya  dosa atas kekafiran dan pembangkangan terhadap Rasul, mereka dipindah dari hanyutan laut menuju panasnya neraka, tidak ada penolong dan penyelamat bagi mereka dari azab Allah.

Allah Swt. menyelamatkan orang-orang yang berada dalam perahu yang beriman bersama Nabi Nuh As. Mereka adalah orang-orang yang telah diperintahkan Allah Swt. Kepada Nabi Nuh As. Untuk dibawa bersamanya. Inilah inti dari doa “Ya Tuhanku, ampunilah aku, ibu bapakku, dan siapa pun yang memasuki rumahku dengan beriman.”

Dhahak berkata, “Maksudnya adalah masjidku.” Tidak ada sesuatu yang menghalangi jika ayat ini dipahami secara tekstual sehingga maksudnya adalah setiap orang yang masuk ke dalam rumahnya merupakan seorang mukmin. (Al Misbaah Al Muniir fi Tahziib Tafsir Ibnu Katsir, 1999: 1145)

0 komentar:

Posting Komentar

"MENGABDI UNTUK BERBAKTI"

___________________________

Powered by: Blogger